Skip to content

Manfaat Pegangan Tangan Bagi Kesehatan

28 April 2010

Pegang Tangan Kekasih sangat asik dan menyenangkan, tapi tergantung kondisi dimana kita berstatus kekasih dalam keadaan pacaran atau *sutri? Tentu saja dalam hal ini kita bicara pegangan tangan yang baik dan diperbolehkan oleh kaidah keyakinan tertentu bagi masing-masing orang. Ketika bicara berpegangan tangan, setiap orang memiliki teknik yang mereka sukai, mulai dari mengaitkan jari-jemari, menangkupkan telapak tangan, atau saling menggosok dengan ibu jari. Beberapa orang melakukannya dengan tangan atas, sebagian di bawah dan sebagian lainnya saling mengayunkan tangan.
Tidak peduli bagaimana gaya pegangan tangan Anda, kita semua tahu perasaan baik yang muncul saat menggenggam tangan orang kita cintai. Tapi, bagaimana rasanya ketika kita berpengangan tangan saat marah, stres, atau takut? Dan sebaliknya, mengapa kita selalu meraih tangan pasangan untuk menghibur mereka ketika sedih?
Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan psikolog Dr James Coan dari University of Virginia menunjukkan bahwa jawabannya tidak terletak di antara jari-jari, tapi dalam otak kita.
Penelitian tersebut melibatkan 16 wanita dalam pernikahan bahagia yang sedang mengalami stres. Selama penelitian, aktivitas otak mereka dipantau menggunakan mesin f.M.R.I. Setelah memberi kejutan listrik pada setiap wanita, Coan mengukur aktivitas yang dihasilkan di daerah respons stres otak mereka. Dia kemudian mengulangi kejutan listrik saat para partisipan memegang tangan orang lain. Dan memberi kejutan listrik sekali lagi saat mereka memegang tangan suaminya.
Hasil menunjukkan berkurangnya aktivitas di bagian respons stres otak ketika wanita memegang tangan orang lain, dan stres jauh berkurang ketika mereka memegang tangan suami. Jadi, menggengam tangan mampu mengurangi stres.
Kalau pasangan bahagia lebih sering berpengangan tangan, dan aktivitas ini mengurangi stres, dan stres lebih sedikit mengarah pada kesehatan yang lebih baik, maka dapat diasumsikan bahwa pernikahan bahagia mengarah pada kesehatan yang lebih baik. Demikian menurut sebuah artikel yang okezone lansir dari New York Times, Rabu (28/4/2010).
Nah, lain waktu pasangan marah dengan alasan apapun, Anda cukup memegang tangannya dengan penuh cinta, dan jadikan ini rutinitas menyehatkan jiwa dan raga.

Disunting oleh : Hendry

Sumber : OkeZone & berbagai sumber lainnya.

4 Komentar leave one →
  1. mey khumaers permalink
    15 Mei 2010 23:08

    heemh………..betul bgt mas…
    klo dah pegangan tgan rsanya nyman bgt..

  2. dalijo permalink
    9 Juni 2010 15:07

    mas gimana caranya melaku kan selingkuh saat pertama kali?

  3. 12 Oktober 2010 22:03

    Thank’s atas infonya.alhamdulillah akhirnyo basobok juo awak samo blogger padang.tapi pegangan tangan tsb hanya untuk yang sudah kawinkan.salam kenal.http://ego-390.blogspot.com

  4. Spendha Denny permalink
    11 Juni 2011 21:28

    haha , iya juga bener .. haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: