Skip to content

Membentuk Watak Jujur dari Dini

2 Februari 2010

Membentuk kedisiplinan yang mantap perlu diuji kejujuran pada setiap diri manusia. Dari sanalah kita bisa memulai membentuk watak jujur tanpa ada rasa was-was yang akan berakibat bahaya terhadap hati dan diri kita dengan dilandaskan iman dan ketakwaan kepada pencipta. Kebijakan Kejaksaan didalam pemberantasan korupsi Dimasa mendatang adalah 70% pencegahan dan 30% penindakan. Beranjak dari pemikiran itu,  ibarat penyakit “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Sehingga menempuh langkah-langkah, upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat untuk membentuk watak jujur dan tawakal kepada generasi muda penerus bangsa, para pelajar SMP dan SMU sebagai perwujudan dari Gerakan Langsung Anti Korupsi Sejak Dini (Galaksi). Program ini terus dilaksanakan bersama Karang Taruna Nasional.

Kantin kejujuran juga sebagai media atau praktek hidup jujur dan pembelajaran agama, PPKN. Melalui program tersebut diharapkan dapat mempermudah guru untuk mendidik akhlak dan kepribadian siswa sesuai dengan amanah undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. ”Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik,agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab,” kata Kejati Sumbar H.Syafril Rustam, SH.

Kepala Kajari Padang, Slamet Riady mengatakan pihak Kejaksaan komit untuk melanjutkan program Kantin Kejujuran di Kota Padang. Sehubungan dengan itu di Kota padang telah didirikan 23 kantin kejujuran, 2 kantin Kejujuran tingkat sekolah dasar yakni SDN Percobaan Ujung Gurun, SD 06 Lapai Nanggalo. Sebanyak 5 kantin kejujuran tingkat SMPN, yaitu di SMPN 8 Padang, SMPN 2 Padang, SMPN 1 Padang, SMPN 2 Padang, SMPN 11 Padang. Setelah itu 12 kantin Kejujuran tingkat SMA yaitu SMAN 15 Padang, SMAN 1 Padang, SMAN 3 Padang, SMA DonBosco, SMAN 4 Padang, SMAN 5 Padang, SMAN 10 Padang, SMAN Pertiwi, SMAN 2, SMAN 6, SMAN 8, SMAN 12. Tingkat SMK, 4 kantin Kejujuran, yaitu SMKN 3, SMK 6, SMK7, SMK 2.

Sumber : (Berbagai Sumber)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: