Skip to content

Cara Meredam Emosi

29 Januari 2010

Sikap dan perbuatan yang tidak kita senangi seringkali membuat kita emosi, begitupun juga kalau kita sudah tidak nyaman dengan kondisi yang kita hadapi, seperti diganggu teman, masalah perasaan, dan hal-hal yang terkait dengan lingkungan kita. Sama seperti perasaan senang, sedih, dan takut, wajar memiliki sifat marah. Marah termasuk salah satu emosi dasar yang dimiliki manusia, namun bukan berarti Anda bisa marah lepas kendali.
Luapan amarah ibarat bom. Bila dibiarkan meledak tanpa perhitungan, dapat membuat hidup menjadi susah. Apalagi jika amarah terus meluap dan berimbas pada hubungan asmara Anda dengan pasangan.
Agar bisa menambah erat jalinan asmara, kini sudah saatnya untuk Anda mengendalikan emosi agar tidak menjadi seorang pemarah. Di antaranya:

Mengubah cara berpikir
Saat dilanda emosi, wanita sering kali berubah menjadi seorang “drama queen”. Segala hal dilebih-lebihkan, dan tampak serba dramatis. Cobalah berpikir lebih positif dan rasional. Sehingga luapan amarah tidak berubah menjadi rasa sedih dan minder.

Melatih cara berkomunikasi
Meski orang lain mengemukakan pendapat yang bertentangan dengan diri sendiri, dengarkan dahulu tanpa perlu menyela. Setelah itu, baru pikirkan baik-baik respons yang akan Anda berikan.

Mengalihkan pada kegiatan positif
Daripada energi digunakan untuk melakukan tindakan agresif, tidak ada salahnya mengalihkan dengan hal-hal yang positif. Semisal berolahraga, atau bekerja lebih giat. Dengan penyaluran seperti ini amarah akan berangsung-angsur hilang.
Tak hanya itu saja, hati serta pikiran Anda akan lebih tenang. Puasa marah yang tengah Anda lakukan pun akan semakin lebih berjalan lancar dan tidak terancam batal.

Menenangkan diri
Berhenti memikirkan sumber kemarahan dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan. Hidup selalu diwarnai kebahagiaan serta kesedihan. Anda tidak akan pernah bisa berlari dari kenyataan tersebut. Namun, Anda selalu memiliki banyak cara untuk mengatasinya. Lewat puasa marah, Anda sekaligus berlatih meredam amarah Anda.

Sumber : OkeZone

One Comment leave one →
  1. 1 Oktober 2010 23:02

    tips ini mgkin kelihatan mudah saat ga ada emosi. tapi bagaimana disaat kita sedang emosi sulit untuk berpikir seperti tips diatas. mohon jangan emosi atas kritikan ini hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: