Skip to content

Meredam Rasa Cemburu

11 November 2009

Sesekali cemburu pada pasangan sah-sah saja. Ada baiknya Anda kenali ukuran normalitas rasa itu agar hubungan bersama si dia tetap berjalan sehat.

Kalau ternyata pasangan mulai tak nyaman, Anda harus segera melakukan langkah-langkah perbaikan sikap. Berikut beberapa tip dan triknya, seperti dilansir Askmen.

Beri ranking

Setiap kali rasa cemburu itu datang, tuliskan dan beri ranking 1-10 pada setiap alasan yang ia katakan. Sebagai contoh, pasangan selingkuh dengan teman kerja wanitanya diberi nilai 9 karena menurut Anda tindakan tersebut sudah keterlaluan, dan seterusnya.

Tuliskan semua alasan mengapa Anda cemburu. Jangan sampai kemarahan Anda sudah meledak saat mendengar desas-desus seputar perselingkuhannya yang ternyata hanya isapan jempol.

Dua menit

Berdiam diri sejenak kira-kira dua menit untuk meredakan kemarahan Anda. Tarik nafas dalam dan ingatkan diri sendiri bagaimana Anda merasa bersalah saat beberapa waktu sebelumnya pernah cemburu buta padanya.

Cobalah tenang dan berpikir jernih agar Anda bisa melihat masalah dari sudut pandang berbeda. Dorong diri Anda untuk menantang setiap poin yang telah dibuat dalam daftar di atas dengan penjelasan lebih logis. Misalnya, dia telat pulang kantor karena alasan promosi jabatan.

Jangan libatkan orang lain

Baca kembali apa yang sudah Anda tuliskan dan fokuslah pada penjelasan logis. Kemudian, beri rangking kembali tentang seberapa kuat kini Anda percaya bahwa sangkaan pertama atau kecemburuan Anda adalah benar adanya.

Jangan libatkan teman setidaknya sampai ranking kelakuannya sudah mencapai poin 9. Terkadang kehadiran orang lain hanya akan membuat pikiran Anda kacau.

Ulangi latihan

Namun, jika Anda masih di luar kendali, ulangi langkah demi langkah latihan di atas. Jika Anda termasuk tipe pencemburu berat, mungkin butuh waktu latihan agak lama. Setelah itu Anda akan melihat perubahan signifikan dan menjadi orang baru yang tak lagi mengumbar rasa cemburu berlebihan.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: