Skip to content

Motivasi melepaskan masa lajang atau menikah.

20 Juni 2009

Jika diperhatikan lebih seksama, ternyata ada beberapa motivasi berbeda ketika seseorang memutuskan untuk menikah. Ada yang menikah karena ingin berbagi kebahagiaan sekaligus kesedihan bersama seseorang yang dicintai dan juga anak – anaknya kelak.

Orang seperti ini akan merasa hampa hidupnya bila tidak membagi segala perasaan kepada orang yang dicintai dan mencintainya. Ada juga yang menikah dengan motivasi hampir mirip, yaitu tidak pernah bisa hidup sendirian tanpa pasangan.

Ada juga yang menikah dengan alasan menghindari zina dan dosa.
Tetapi, ada juga yang tidak memiliki motivasi apa pun ketika menikah. Orang seperti ini berpikir bahwa menikah hanyalah sebuah tahapan dalam kehidupan. Ketika finansial dan usia dirasa sudah cukup, pasangan pun sudah ada, maka menikahlah dia.

Ada satu alasan yang mungkin bisa menjadi bahan renungan kita bersama. Ketika menikah, setiap manusia mengharapkan Allah menitipkan seorang anak melalui rahim sang istri. Kita mengharapkan anak itu tumbuh menjadi anak  saleh yang mendoakan kedua orang tuanya.

Jadi motivasi menikah agar ketika meninggal kelak, memiliki anak saleh yang selalu ikhlas mendoakan orang tuanya. Insya Allah itu bisa mengurangi beratnya siksaan dalam kubur, dan memudahkan jalan masuk surga.

Tapi syaratnya, ketika menikah harus benar – benar berniat dan berupaya keras menghilangkan sifat – sifat buruk demi menjadi orang tua yang baik. Dan, secara alami anak – anak akan mencontoh perilaku orang tuanya.

Jika orang tua berperilaku baik, anak-anak pun akan selalu mendoakan orang tuanya, walaupun sudah ada di dalam kubur. Intinya, menikah itu perlu, namun harus didasari motivasi ibadah.

Sumber : SuaraMerdeka

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: