Skip to content

Bagaimana Ketika Cinta Tak diRestui Orang Tua ?

19 Oktober 2009

Jatuh cinta dan memiliki seorang pacar memang menyenangkan dan bisa membuat hidup kita lebih indah dan tentunya lebih bersemangat lagi untuk menjalani hari demi hari demi. Tapi tidak semua kisah cinta itu berjalan mulus, selalu ada saja yang menghalangi atau bahkan membuat kisah cinta kita jadi lebih sulit untuk dijalani.
Dan mungkin yang paling sering terjadi adalah ketika orang tua tidak setuju atas hubungan cinta kita? Orang tua kita tidak mau menerima pilihan hati kita dan membenci orang yang jadi pacar kita.
Bila anda pernah mengalami seperti hal seperti ini, dimana hubungan cinta kita tidak mendapat restu dari orang tua, jangan kecil hati dulu dan jangan terburu-buru mengambil langkah yang bisa jadi, justru akan merugikan kehidupan kita.
Ketika orang tua tidak merestui hubungan kita, ada baiknya anda melakukan lagi cek dan rechek atas permasalahan yang sedang dihadapi, dan anda harus siap melihat dan menerima sisi baik maupun sisi buruk dari masalah ini.

Cek Motivasi Hubungan Cinta ini
Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengetahui dulu motivasi apa yang menyebabkan kita memilih dia menjadi pacar kita? Apa tujuan dari hubungan yang kita jalin. Apakah tujuan kita memilih dia itu hanya untuk sekedar gila-gilaan, biar lebih dipandang sebagai ce/co gaul, atau mungkin ada motivasi lain yang lebih tinggi, misal karena kita menginginkan dia jadi istri/suami kita? Dengan mengetahui motivasi sebenarnya dari sebuah hubungan, kita bakal lebih mengetahui apakah kita emang benar-benar cinta sama dia? atau justru cinta yang kita rasakan ini cuma sekedar perasaan kagum sesaat saja? Atau malah yang parah lagi bila kita memilih dia, cuma ingin teman-teman kita memandang kita hebat karena bisa mendapatkan dia, yang notabene ce/co idaman?
Nah, bila kita telah mengetahui apa sebenarnya motivasi dari hubungan cinta kita, dijamin kita bakal lebih mudah untuk menghadapi ketidaksetujuan dari orang tua kita.

Apakah ini Benar-Benar Cinta?
Sekali lagi, tanya pada diri kita sendiri, apakah yang kita rasakan ini adalah benar-benar cinta? Apakah emang kita benar-benar sayang sama dia? Saat kita jatuh cinta pada seseorang, kita akan selalu memandang semua hal itu mungkin dan bisa dilakukan. Dengan kekuatan cinta, kita bisa lebih bersemangat, apa yang tadinya terasa tidak mungkin menjadi mungkin.
Tapi ketika tiba-tiba orang tua tidak setuju dengan hubungan kita, maka akan dengan mudahnya kita menyalahkan mereka, dan menganggap mereka tidak mengerti dengan perasaan yang kita alami.

Apa Motivasi dari ketidaksetujuan Orang Tua
Langkah berikutnya adalah mengetahui apa motivasi dibalik ketidaksetujuan orang tua atas hubungan cinta kita. Cari tahu latar belakang dari kehidupan orang tua kita dan kemudian kita bandingkan dengan latar belakang dari pacar kita, karena biasanya perbedaan latar belakang seringkali menjadi penyebab utama dari ketidaksetujuan orang tua. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan orang tua tidak merestui hubungan kita, dan itu semua harus kita cari tahu apa motivasi dari alasan-alasan tersebut.

Jika Orang Tua Kita Ternyata Salah
Orang tua juga manusia, tidak selamanya mereka selalu benar. Bila ternyata ketidaksetujuan mereka lebih dilatar belakangi karena masalah racis (perbedaan suku, warna kulit dst), kelas sosial, atau bahkan perbedaan pekerjaan (misal dia kurang mapan dibandingkan dengan kita). Bila itu semua yang menjadi alasan, maka sudah selayaknya kita berjuang mempertahankan hubungan cinta kita dan tidak begitu saja menyerah dan setuju dengan ketidaksetujuan orang tua kita.
Orang tua mungkin merasa khawatir bila ternyata hubungan cinta kita justru akan membuat kita sengsara, atau membuat kita dikucilkan dari pergaulan masyarakat. Dan terkadang orang tua mempergunakan “aturan” atau “tata sosial” zaman dulu, yang terkadang kurang relevan dengan keadaan zaman sekarang.
Bila ternyata semua ini yang menjadi penyebab ketidaksetujuan orang tua kita, maka sudah sewajarnya kita bisa memberikan argumen yang tepat pada mereka untuk mempertahankan hubungan cinta kita. Bagaimanapun ketidaksetujuan yang disebabkan karena masalah rasis, kelas sosial sangat tidak bisa dibenarkan, meskipun itu semua datang dari orang tua kita sendiri.

Jika Orang Tua Kita Ternyata Benar
Tidak ada yang lebih mengenal kita, selain orang tua kita. Bahkan orang tua lebih tahu dan mengerti pada diri kita dibandingkan kita sendiri. Dan mungkin saja, karena kita sedang dibutakan oleh yang namanya cinta, hingga apa yang dilihat sebagai sisi buruk oleh orang tua kita justru kita tidak bisa menyadarinya. Yang kita lihat hanya sisi baik dan pandangan bahwa cinta itu selalu indah.
Kita harus ingat, orang tua sangat menyayangi kita dan mereka menginginkan supaya kita bisa bahagia dalam hidup ini. Jadi ketika mereka melihat sesuatu yang tidak beres dan merugikan, dalam hubungan cinta kita, tentu saja mereka bakal dengan tegas menolak dan tidak merestui hubungan kita.
Jika orang kita ternyata pernah mendengar bahkan tahu bahwa pacar kita tersebut punya perilaku yang buruk, dan mereka mengkhawatirkan kita bakal dilukai oleh pacar kita, tentu ada baiknya bila kita mencoba mendengarkan mereka, karena mungkin saja mereka ada benarnya.
Jika kita mulai berlaku liar, dan hidup kita mulai kacau, (misal kita mulai mempergunakan obat-obatan terlarang, minuman keras) karena pengaruh pacar kita, orang tua sudah pasti sangat tidak setuju dengan hubungan kita. Dan orang tua juga bakal tidak merestui, bila ternyata selama menjalin hubungan cinta, prestasi kuliah kita mulai menurun, atau kita mulai kehilangan sahabat dan teman kita. Sudah waktunya kita mendengarkan orang tua dan menghentikan hubungan cinta kita. Bagaimanapun, sebuah hubungan cinta yang terlalu banyak mengorbankan dan merugikan kehidupan pribadi kita, sudah merupakan sesuatu yang tidak menyehatkan bagi kelangsungan hidup kita.

Menemukan Jalan Keluar
Seperti dikatakan di awal tadi, cinta itu indah dan bisa membuat hidup lebih bersemangat dan lebih baik. Bila ternyata cinta yang kita jalani sekarang ini memang benar-benar membuat hidup kita lebih baik, lebih nyaman, dan pacar kita benar-benar sayang sama kita dan memberikan efek positif pada kehidupan kita, sudah sewajarnya kita mempertahankan hubungan cinta ini, meskipun orang tua tidak setuju.
Tapi ketika hubungan cinta dirasakan mulai “membahayakan” kehidupan pribadi kita, ada baiknya kita berpikir ulang, apakah perlu kita mempertahankan cinta ini? Perlu diingat baik-baik, kita tidak harus kehilangan hidup kita hanya karena kita jatuh cinta dan membina sebuah hubungan. Keluarga, teman dan kuliah atau sekolah kita, masih sangat penting bagi kehidupan kita. Membina sebuah hubungan cinta, tidak berarti bahwa kita mesti kehilangan itu semua. Bila kita mulai merasakan bahwa kita mulai kehilangan hidup kita, sudah waktunya kita berpikir untuk mengakhiri hubungan cinta ini.
Orang tua selalu mengharapkan yang terbaik buat kita, hadapilah ketidaksetujuan orang tua dengan kepala dingin dan sikap yang kooperatif. Boleh jadi mereka tidak suka dengan pacar kita, tapi suatu hari nanti mereka pasti akan bisa menerima hubungan cinta kita, bila kita mampu membuktikan bahwa apa yang kita lakukan bisa membuat kehidupan kita lebih baik dan lebih indah untuk dijalani.
Selamat Jatuh Cinta!
Sumber : OkeZone

59 Komentar leave one →
  1. mala permalink
    27 Desember 2009 23:14

    saya jg punya kisah cinta yang tidak direstui ortu, tp bkn ortu saya yg tdk merestui tp ortu pcr saya,mrk tdk setuju dgan hubungan km krn bpk’y ingin menjodohkn dya dgn gadis laen cz bpk’y punya hutang sm gadis tersebut,,tp pcr saya menolak dya ga mo dijodohin sm gadis itu krn dya mencintai saya,, apa yang hrs km lakukan,apakah km terus melanjutkn hubungan ini apa sebaliknya???

  2. taty permalink
    28 Desember 2009 02:24

    Artikel’y ckup bagus saya sangat suka sekali, pi saya minta bantuan bagaimna cara memecahkan masalah saya, td saya sudah baca diatas, sedikit hati saya terobati,, apalagi kalimat terakhir,,, permasalahanya orang tua saya tidak merestui hubungan saya dan pacar saya itu karena fitnah dari mantan saya. ortu saya jd benci kpd pcar saya, pdhal saya tahu sekali kluwga pcr dan pcr sya,,, saya sudah membicarakan hal tersebut pd ortu saya namun beliau malah bilang saya sudah terkena black magic,, ppdhal selama saya dekat dengan pacar saya,,, sy tdk pernah melakukan apa2,, pegangan tangan pun tidak,, dia begitu melindungi saya,perhatian, sayang, mapan dan membuat saya nyaman. berbeda dengan mantan saya. sebenarnya, apa yang harus saya lakukan ??? saya ingin berakhir dengan kebaikan dan kebahagiaan,.

  3. edy permalink
    21 Januari 2010 13:15

    saya sedikit terobati dgn pencerahan yg Bpk berikan.tp saya msh bingung harus gimna. krna ortu saya tdk setuju lantaran perbedaan latarbelakang dan pacar saya pengen buru2 minta di nikahi karena faktor usia tp kondisi saya sekarang ini lagi kurang begitu bagus dlm hal materi kalolah aku maunikahi dia tanpa restu ortu berarti saya 100% harus biaya sendiri .dan saat ini dr pihak wanita saya udh pengen buru2 anakny untk dinikahi dan jika saya ga ngelamar2 ankny mka ortu wanita saya akan menikahkan dgn orng lain?.Tolong y cariin jalan keluarnya pleas.

  4. Van permalink
    24 Januari 2010 12:54

    kasihan ortu saya tidak mau mendengar pendapat saya, jadi sekarang saya mandiri dan pacar saya malah ikut berjuang demi kami berdua, sekarang jaman peralihan dari kolot ke modern. saya menuju dunia modren bukan dunia kolot.

  5. Saysi permalink
    13 Februari 2010 23:21

    Ugh . .artikel itu gw banget, kyak cerita gue aja. Ortu cowok gw gk setuju anaknya berhubngan ma gue dengan alasan masa Lalu gue yang gak baik . .bulshit banget!!
    at the last cowok gue ninggalin gue karena ortunya. . .

  6. winda permalink
    26 Maret 2010 07:24

    gimana yya..akku juga punyya kissah yang sama…ortuu akku..lrbiih sukka kalau akku gg pacarandd sma org yangg tinggal satuu daerah samma akku..padahal akku sayyang bgdhh samma dyy..tuhan banttu akku… :))

  7. daniati permalink
    1 Juni 2010 01:50

    aku jg pnya kisa kaya gt,,
    keluarga cowo aku ngak setuju aku pacaran ma dia.
    alasannya kita beda suku,
    dai di jodohin ma paribannya.

  8. liana permalink
    15 Juli 2010 09:37

    sama,,,ortuq juga gk setuju aq sama coeoq yg skrng,,,hanya karna,,cowo q itu pendatang,,,dari kota lain,,,,ortuq takut kalo2 dia dari keluarga gk jelas,,,aq harus gimana,,,pa diam2 lanjutin hub ini,,,,atau bagemana???

  9. Aida permalink
    16 Juli 2010 23:23

    Q jg sma.ortu cwo q gk stju pcrn ma q krn q anak jabar.keluarga cwok q th smuany berasal dri jogjakarta. Ortunya beranggapan cwek jabar th matre dan kalo berumah tangga th suka cerai. Padahal gak semua nya kaya gt. Q gak pernah minta2 ma cwo q. Haruh kami sekarang bingung bgt. Kami berniat memperjuangkan cinta kami.

  10. Lynda permalink
    5 Agustus 2010 00:47

    inspiratif bangett..
    Aku jg pnya msalh yg sama..papaku ga restui hbunganku..dgn 2 alsn kuat 1.krn aku blm slsai kulh,pdhl tggl 1 tahun lgi..2.krn papaku tkt nantinya ad yg lbh kaya n mapan yg sharusnya jadi suami aku..pdhl co ku udah pnya krja,.kta pcrnx udh 4 taonan lbih..mau 5 taun gitu.mamaqu restui,tp dgn syrt aku hrz slsai kulh.so far,dy memotvsiku..IPKqu trus naik..aku lbh smngt kulh,prstasiku bgus n dy mmotvsiku buat krja,jd untk part time aku krjax sbg announcer di slh 1 radio d kotaku..ortu n smua klga dktx udh knal baik sm aku n mreka respect bgt sm aku…aku kdang2 d ajk mamax ikt acra kluarga mreka..pkkx d ajak brgaul d lingkngn klrg mrk..klrgaku yg dkt jga udh knl dy n so far tnggpn mrka dy orgnya baik n sopn..cma papaku ga restui krn alsn td.mmg sih alsn papa wjr n lgipla aku jg bkn mw merit skrg ato buru2 pz abis kulh,tp dy plhan aku..krna aku ga mw ganti2 pcar..aku lbh sng mntapkn plhn n jlni lbh srius,lbh lma lbh bk..br lbh slng knal sft msg2..kulh,pkrjn,ortu n klrgaku pztix lbh pntg..tp knpa yh papaku ga bsa nerima pilihanku? Aku kcewa sih,,stelh dy tw kalw papa ga mw nerima dy..mlah dy smakn trmotivasi n dy msh mw brharap 1x lg bwt ktmu papaku stelh aku slsai kulh nnti buat ngeyakinin papa kalo dy bisa n pasnts bwt aku.aku hrgai pngorbnan dy,smbil aku jg brusha ngejar waktu kulh yg trsisa bwt bntu dy ngeyakinin papa.aku sgy skali sma dy,bkn hnya skdr cnta krn dy pcrku..dy jg tmn hdup n shabatku yg sllu tau kpan aku buth dia.zman skrng,nemu org yg kaya dan hebat bnyak,tpi nemu org yg bnr2 syg kita dgn tulus tuh susah.so let it flow..ikt kata hati,ttp brdoa mdh2an ada jalan Tuhan buat kita berdua.aku syg skali sam dy. Doakan kita yah teman-teman!!! Semoga nanti papa mau nerima dia. ;(

  11. perempuan berkeurung permalink
    10 Agustus 2010 11:41

    aku punya pacar, kerja di slah satu perusahaan tambang..
    aku dah jalani ini selama 8 bulan..

    aku senang !
    dia jd inspirasi ku, dia jd motivasi ku..

    awalnya, mamah ku setuju meliat aku dgn nya
    dibandingkan pacar2 ku sebelumnya..

    sbgai anak, aku pun terkejut dgn respon
    mamah ku yg bgtu menyukainya,
    mungkin krna mamah ku menginginkan
    spya aku memliki pacar yg sdh bkerja..

    namun akhir2 ni, mamah ku krg menyukainya
    sejauh mata ku memandang
    mungkin karena pkerjaan pacarku yg swasta
    sedang mamahku menginginkan aku pnya pcar yg sebgai pegawai negeri..

    aku tahu, mgkin tjuan org tua itu baik..
    mgkin ibu ku berpikir kalau pacar yg ku mliki akan menjadi suamiku nanti……………

    ya Tuhan,…
    haruskah ku trus menuruti ego sang mamah ku??

    trus terang, ku sakit hati dgn keadaan ini..

    tolong beri aku saran..

  12. 3 November 2010 17:56

    hummm,, tiba2 org tua saya melarang saya melanjutkan hubungan dgn pcr sya, hanya karena alsan klise yang tidak masuk akal menurut saya,
    pertama karena ras, brfikiran dy tidak akan bisa membahagiakan saya.
    padahal pcar saya selalu memberi motivasi dan selalu menemani setiap langkah saya.

    dan masalahnya ortu saya selalu keras n memaksakan kehendaknya, selalu menuntut ini itu, n saya sudah berikan yg terbaik, namun bagi mereka masih kurang,

    saya tidak apa2 jika mereka menuntut ingin ini itu , saya pasti akan mengusahakan memberi yg trbaik.
    tapi sya ingin mereka menyetujui hubungn saya, karena bagaimana pun perasaan seseorang tidak dapat dipaksakan.
    dan parahnya mereka memberi 2 opsi yang sama2 menghujam:
    1. kalo sya memilih kuliah, sy harus pisah,
    2. klo sy memilih berhenti kuliah, sy akn dijodohkan,

    bagaimana pun kami ber2 tdak ingin pisah sampai nantinya,karena kami sudah memulai semua sama2 dan mau berjuang sama2 ke depan meraih cita2 kami.

    bagaimana cara menghadapi ortu saya n agar mereka juga menyetujui hubungan kami,,.?

    saya butuh banget solusi.
    tolong dibalas pak.^^

    trims.

  13. Afifah permalink
    18 November 2010 19:09

    Saya mempunyai kisah cinta yg tidak direstui.
    Itu semua karena pacar saya ini tetap bertekat ga mau jadi pilot dengan alasan resiko yg besar.Dia tetap ngotot jadi arsitek karena memang itu cita citanya dan hobinya menggambar.
    Selain itu dari segi fisik dia lebih kurus daripada saya,orang tua saya ga suka karena dia kurus banget.Mereka menganggap dia ga cocok bersanding denganku.Padahal kami berniat ingin serius sampai nanti tamat kuliah dan kerja.Orang tua saya tetap ngotot ingin punya menantu pilot.Gimana nih cara nyelesaikannya? :(

  14. 14 Januari 2011 10:02

    karena suku, keluargaku tak merestui hubungan kami yg sudah kami jalani hampir 3 tahun,dan pacarku ingin melamarku.aku bingung,dipihak lain aku begitu mencintainya.semoga ada hikmah dari semuanya.

  15. mutcie permalink
    18 Januari 2011 22:20

    saya jga pnya msalh yg sama..bapaku ga restui hbunganku..dgn alsn aq masih kuliah belum pantas utk pny pacar,tpi setelah aq ceritain semua ke nyokap latar blkng pcr aq mamah jdi gak merespon hubungan qu dgn dia,krn aq ank kuliah dia gak… itu yg buat mamah sikap nya ga kya dlu ma mntn aq yg sma” kuliah…aq tau mksd ortu aq bner tpi aq mau mereka restuin hubungan aq dan dia.aq ingin dia terakhir utk aq selamanya…aq syng bgt sma dia.ortu n smua klga dktx udh knal baik sm aku n mreka respect bgt sm aku….cma bapaku ga restui krn alsn yg tadi.mmg sih alsn papa wjr n lgipla aku jg bkn mw merit skrg ato buru2 pz abis kulh,tp dy plhan aku..krna aku ga mw ganti2 pcar..aku lbh sng mntapkn plhn n jlni lbh srius,lbh lma lbh bk..br lbh slng knal sft msg2..kulh,pkrjn,ortu n klrgaku pztix lbh pntg..tp knpa yh bapaku n mamah aq ga bsa nerima pilihanku? Aku kcewa sih,,stelh dy tw kalw bapa n mamah aq ga mw nerima dy..mlah dy smakn bersabar malahan dia yg semangatin aq disaat aq nangis….dia janji akn trs berusaha n menjaga aku, dan stlh slsai kulh nnti dia ingin ngeyakinin bapak n mamah aq kalo dia pantas bwt aku.aku hrgai pngorbnan dy,smbil aku jg brusha kuliah yg bner.aku syg skali sma dy,bkn hnya skdr cnta krn dy pcrku..dy jg tmn hdup n shabatku yg sllu tau kpan aku buth dia.zman skrng,nemu org yg kaya dan hebat bnyak,tpi nemu org yg bnr2 syg kita dgn tulus tuh susah.so let it flow..ikt kata hati,ttp brdoa mdh2an ada jalan Tuhan buat kita berdua.aku syg skali sam dy. Doakan kita yah teman-teman!!! Semoga nanti bapa n mamah aq mau nerima dia. ;(

  16. Q yanG Tak PeRnaH DiMeNGertI permalink
    10 Februari 2011 09:19

    Q ckup terharu & sdkit tau setelah membaca artikel di atas,,,
    Q juga mempunyai kisah yang sama tpi,,,yang tdak setuju dengan hubungan Q adalah orang tua Q sendri,,,justru orang tua pcarQ malah sudah menganggap Q sudsah menjadi bagian dari keluarga mereka,,,Tapi Q heran Dengan sikap k-2 orang tua Q yang selama ini tida menyetujui hubunganQ tanpa alasan yang pasti,,,,tapi knpa merka tidak mengerti persaan anaknya sendiri,,,apakah Q harus menjali hubungan Back Streeet untuk selamnya,,,,
    Q cpek lw Styp Ktemuan Kita Hrus back street trus,,,,,
    tolong asih solusinya yang Terbaik Z,,,,,Cz Q sayng banget ama cWokQ,,,,

  17. ary permalink
    11 Februari 2011 14:42

    bapak ibu yang budiman, perkenalkan nama saya ary.trima kasih atas pengetahuan sekaligus masukan yang baik buat saya mengenai artikel di atas.saya mencintai seorang cewek,tidak lain dia adalah masih satu kota.berhubungan dengan cerita di atas.saya sungguh serius dengan cewek saya ini.memang cewek saya ini adalah dulunya mantan teman saya.dan teman saya tersebut sudah merantau di kota lain.adalah mengenai gosip yang kurang bagus dengan keluarga cwe saya 5 tahun yang lalu.cwe saya juga sudah terbuka semua mengenai dirintya ke saya,dan saya terima apa adanya.ternyata orang tua saya kurang setuju, karena gosip yang belum tentu kebenaranny yang beredar di masyarakat.pada saat awal jadian,orang tua saya tidak mempermasalahkan.justru malah akhir2 ini mereka kurang setuju,saya lihat ini karena pengaruh saudara saya juga.karena saya sudah sangat serius dan saya berkeyakinan dengan cewek saya, mohon masukan buat saya pak bu… mengenai gosip yang beredar tersebut,saya sudah mendengar dari cwek saya,dan hasilnya adalah lebih banyak lebih2nya yang beredar di masyarakat.itu juga berasal dari keluarga mantan pacar cewek saya dulu.tolong masukan nya,di tunggu pak bu…. sekian terima kasih…

  18. kiki permalink
    1 Mei 2011 17:00

    saya mengalami ini,,dan saya mencoba untuk bersikap apa adanya,,mskipun kedaannya begini saya tetap mencoba menjalninnya,,namun akhirnya saya merasa ortu saya lebih tahu yg terbaik buat saya,,sehingga saya memutuskan untuk mengakhirinya,,awalnya terasa sakit,,tp smua ini untuk hubungan saya dgn dia,,karena saya rasa hubungan ini sia – sia,,tak akan bersatu,,sekarang saya dan dia menghadapin kehiduapn kami masing – masing,,terlihat dia msih berjuang ats cintanya untukku tapi saya berusaha memberikan penjelasan kepada dia,,
    hari – hari saya lewati tp byangannya msih melintasi fkiranku,,saya hrus bgaimna? terima kasih,,

  19. aya permalink
    3 Mei 2011 13:01

    saya juga hUbungan x niie gag d’restuiin sama orang tua saya ?? padahaL diia baik bangetz sama saya ,. saya sangat cinta sama diia … untUk seLamanya ?>

  20. yuni permalink
    8 Juni 2011 16:57

    Artikel ini membuat saya terharu, dan sedih saat membacanya, saya juga mengalami kejadian kisah cinta seperti itu yang saya alami sekarang ini, saya benar-benar bingung bagaimana mencari solusinya ketika cinta saya tidak direstui orangtua saya ?, hubungan cinta saya dan cowo saya, sudah berjalan 3 tahun 4 bulan, selama itu saya backstreet dengan cowo saya, karena kami tidak direstui, terutama oleh mamah saya. saya sangat mencintai dan menyayangi dia, dia pun begitu mencintaiku dan sayang kepadaku, kami pun sudah komitmen untuk lebih serius dalam hubungan ini yaitu menikah.
    tapi, orangtua saya sangat tidak setuju dengan hubungan saya dan cowo saya, karena cowo saya keturunan orang padang, dan usia cowo saya yang lebih jauh dariku, kami berdua sangat jauh umurnya, saya berusia 23 tahun dan dia 33 tahun, ya, kami beda usia 10 tahun. Tapi kami saling mencintai. kami pun sering ribut karena masalah hubungan ini. Dan akhirnya sekarang kami berdua memutuskan untuk berpisah. tapi saya masih berharap dan selalu berdoa agar saya dapat direstui orang tua saya. saya akan berjuang demi cintaku. pacar saya pun berjanji kepada saya akan melamar saya dan menikahi saya. saya sangat senang sekali mendengarnya. Semoga saya dan dia bisa bersatu dan hubungan kita direstui oleh orangtua ku, doakan yah sobat… I LOVE YOU SAYANGKU….! :)

  21. Ikhsan permalink
    20 Juli 2011 16:14

    w jg ngalamin itu…. orang tua w ga setuju sm hubungan w n cw w… karena gosip2 yg bikin nama keluarga cw w jelek n sampe ketelinga orang tua w.. makanya orang tua w ga setuju…. tp w tetep bertahan karena w yakin dy yang terbaik buat w, karena dy bisa terima w apa adanya ga kya cw lain….

  22. 28 Juli 2011 23:32

    I’M SICK, dah 2 tahun aku sakitt….
    dengan hubungan seperti ini…

  23. lisa permalink
    3 Agustus 2011 20:58

    aku juga sedang mengalami masalah yang sama….sekarang aku sedang menjalani hubungan dengan seorang pria yang bukan orang indonesia….dan kami berencana untuk menikah….waktu aku berusaha untuk bicara sama mama….mama setuju saja….tapi…masalah besarnya papa….ya…aku mengerti….kenapa papa sampai tidak setuju dengan hubungan ini….yang pertama…dia mualaf….dia bela2in pindah ke islam agar aku mau sama dia….makanya dia masih awam soal islam….yang kedua perbedaan usia yang cukup jauh sekitar 14 tahun…..yang ketiga….khawatir anak perempuannya diboyong ke luar negeri….tapi…bagi ku…itu semua tidak masalah….soalnya…selama masa perkenalan…..aku merasa dia adalah orang yang bisa melengkapi kekurangan ku…..dan aku tetap bertekad buat melanjutkan hubungan ini….dan tetap berharap….papa….dan mama….bisa mengerti….dan merestui hubungan kami…..amiin…..

  24. 13 Agustus 2011 13:28

    aq jugha sekarang lgi mengalaminya,aq punya pacar tpi ortu aq gak setuju karna pcar aq dullu pernah minum minuman keras dan sejenisnya.aq udah menjalani hubungan ini cukup lama.ortu aq udah terlanjur benci sekali ma pcar aq.skarang pcar aq udah brubah gak seperti dullu lgi.tetap ajha ortu aq msih gak stuju.aq pernah mnta ptus ma pcar aq dngan alsan ortu aq gak stuju,pcar aq mnolak dan dy tetap ingin mmpertahankan hbungan ini.aq tau dy syang bnget ma aq,aq jugha syang ma dy.apa yg harus aq lakukan agar ortu bisa setuju ma hbungan aq ?? smoga saja suatu saat ortu aq tau isi hati aq dan prasaan aq,jadi ortu aq bsa stuju dngan hbngan aq… amiinn…

  25. Lileo_flowersly permalink
    3 September 2011 10:56

    Sblm mengenalkan dy kpd ortu, saya pnya feeling klao ortu saya tdak setuju, mnrut sya mngkn krna keadaan sosial dan keluarga…
    Apa y’ hrs saya lakukan jk ortu bnr2 ga stuju ? :(

  26. 16 September 2011 04:11

    saya tidak di restu oleh orang tua pcr saya cuma karna orang memfitnah saya memakai obat obatan terlarang yang tak pernah saya sentuh apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi masalah ini

  27. 17 September 2011 14:27

    Saya juga punya kasus spt itu. saya tdk dstujui org tuanya entah dengan alasan apa. saya sbnernya msh syang sma dia. tpi apa mau dkata lg aq g bsa brbuat bnyak. klw org tua sya tdk stuju pasti aku diam aja, dan akan menunjukkan bahwa aku bhagia dengan si dia. parahnya saya satu kampus sama dia. apa yg hrus sya lkukan . trims

  28. reza permalink
    22 September 2011 15:00

    thank’s atas saran na,,,,,,gw rsa gw udh nemuin jlan kluar dr hub cinta q yg g d restui ortu q,,,tolong doa na yah sahabat

  29. nunun permalink
    3 Oktober 2011 14:12

    artikel ni bagus sekali
    kalau saya orang tua ku tdak stju karna ada problem antara keluarganya dya

  30. 7 Oktober 2011 09:23

    ugt…kisah yg sma yg aq alamin, bru 1 mnggu brjalan pcr ku dmrh ma ortunya, cma gra” pcran sma aq, dia tnggalin aq cma untuk k’baekan orang tuanya, aq tau nma ku sngat jelek d k’luargamu, aq da d cap s’bagai peminum, pemabok dll…
    tp d dlu saat aq msh smu, t pun aq gk tiep hari minum” keras…tp aq m’ncoba m’ngerti smua nih, meskipun drimu tak m’njadi miliku lg, tpi aq kan slalu m’nunggu dirimu sampai nafas nieh brhenti….
    agar orang tu mu tau aq sangat m’nyayangin dirimu…..

    ” one love forever”

  31. ika permalink
    30 Oktober 2011 23:46

    q mengalami hal yg sama dimna papa q tidak merestui hubngan q cz kluargana

    jk aq jd mnikah dgnna aq akn dbuang n tidak di anggp sbgai anak
    q sngt sayang pcr q km berhubngan slma 4 tahn td na ortu q fine2 z tp skrg dya marh jk aq dkt dgn pacr q cz maslh kluarga…gmna solusina pa aq tetp memprtahnkan ni smw atau ikt kt2 ortu…

  32. 23 Desember 2011 23:37

    Aku tk tahu hrus brbuat apa lge,.hbnganku dha ptus dtngah jlan,cuma krna tk direstui org tuax,.apa aku slah jika mncintai dan dicintai,.apakh kmi salh jika sling mncintai,.tlong bntu aku,.
    Ini dha ke 2 kalix cinta ku tk direstui,dgn cwe yg sma,.
    Awalx aku pngen pcarn ama dy hax iseng” aj.,tp entah knpa aku sngt cynk n cinta bnget ama dy n dy pun sma cynk n cinta jga ama aku,.smpe” aku ng bsa mlupaknx,dan dy pun jua bgtu,.kni hbung kmi dha ptus ditngah jlan,.cma krna ortux ng ngeretuin hbngn kmi,.
    Aku prnh dngar dri saudara ortux sndri lw ortux tu ng Mau anakx dibwa perge darix,.lw aku pcarn n truz nikah lalu aku bwa anakx kekota læn.krna aku hax anak perantau di KALTIM,.cma krna msalh itu anakx skrg mrasa trtekn dan slalu dikatain anak durhaka krna msi pcarn am aku,. Krna ng mau ngedengarin nsehat ortux,.
    Kni hpex dha dsita,n dy jga dijgain ketat ama ortux..
    Kni dy putskn untk ptus hbungan ama aku..Tp kmi sling brjnji,.ng akn ada yg nyari cwe/cwo..kmi akn sling Menunggu hingga ortux merstui hbungan kmi,.kni skrg kmi hax TTM..
    TloNg bnget jika ada yg bsa ngasi solusi tntang hbungan kmi skrg ne..
    Aku minta tloNg bnget..:-(

  33. nadea permalink
    29 Desember 2011 12:11

    lebih parah lagi cinta ku, yg tidak d setujui oleh semua keluarga ku, coz pacar ku sudah d cap tidak baik bgi keluarga ku,! tapi ku sudah terlanjur cinta sma dy,mskipun dy gk peduli sma q,, NADEA TERLANJUR CINTA,

  34. frisye umboh-pesik permalink
    3 Januari 2012 03:42

    kisah cinta saya juga tidak direstui orang tua saya. ortu menganggap bahwa pacar saya sering mabuk2an padahal dia sudah tidak mengkonsumsi minuman beralkohol lagi. tapi dia bukan orang yg pemalas, dia juga blh dibilang tergolong rajin di bidang pekerjaannya. mohon berikan solusi yg membantu thdp mslh saya diatas

  35. 12 Januari 2012 21:32

    Cinta saya terkorbankan oleh keegoisan orang tua nya..

  36. supRY permalink
    30 Januari 2012 00:06

    aku juga ada mzlah dgn hbngan percintaanq
    ortuq tdk stuju klo aku pcran sama pcr q eang skrg ini
    ortuq tdk stju krna pcran sama janda
    aku bgung hrs gmn krn q sudh cynk bgt sma dya mzkpun janda v dya perhtian sma aku
    v d sisi laen ortuq tdk stuju,,,,,,,,mlhan skrg ini ortu y pcrq jadi ikt2 nda stju,,,,,,,q bgung mw ngapaen apa eang q hrz prbwat

  37. reza permalink
    7 Februari 2012 18:18

    cinta kami terhenti karena orang tua nya mengikuti leluuhurnya yg dimana bila teakhiritu cewek harus dijodohkan, jadi gimana solusinya ?

  38. 9 Maret 2012 10:11

    aku tak pernah menduga sepahit ini jalan ku aku prnah gagal saat aku menjalin hibungan karena pihak ketiga, lalu aku tak mau lagi menjalin hub dan memilih sendiri dulu tapi selang 2 ta aku menemukan orang yg mengajak aku untuk menjalani hub yg cukup serius tetapi kaka ku melarang karena dia orang sebrang, padahal orang tua ku mengizinkan akhirya kami kabur karena aku sela;la merasa d kekang dan tidak diberi kebebasan untuk memilih dan sekarang aku ada di bandung tinggal di rumah kaka ya dan berkerja sebagai seles keliling aku merasa sedih atas cerita hidupku, karena aku bukan orang yg mudah untuk meyukai lawan jenisku, aku sangat ingin menemui ibuku untuk minta maaf tapi kakaku selalu memusuhiku ini menjadi jalan yg sulit ku tempuh AKU SANGAT MERINDUKAN ORANGTUAKU

  39. 9 Maret 2012 10:14

    dan saya tidak tau saya ingin menikah saya ingin mendapatkan restu orangtua saya
    tapi saya tidak berani pulang

  40. 30 Maret 2012 18:08

    ini kisah gue bangettt…..
    bahkan w ngerasa kesiksa ma kisah seperti i ni

  41. 5 April 2012 11:06

    memang sedih banget kalau seseorang saling mencintai tidak direstui orang tua.nya sabar aja ya kawan :)
    aku juga pernah kaya gitu .

  42. fariza permalink
    17 April 2012 23:28

    sama g jg nglamin, g uda ngejalanin 2th ma dia,.. rasa cinta g uda ga bs d blang,.. ortu g ga stuju krna mslah ras,… tp stelah g fikir2 apa yg ga d sukai orang tua g itu masuk akal jg,. cz saat ini mata kt msi tertutup untuk mlihat apa yg benar n slah krna cinta… tetapi tidak dengan mata orang tua kt…. sangat sulit untuk menyatukan perbedaan, krna beda ras berbeda pmikiran… itu pasti,.akan butuh wktu yg lama untuk bisa menyesuaikan, itupun klo bs…. 1 yg psti bekas pcar itu bnyak, tapi tidak ada yang namany bekas orang tua, q uda bulat ngikutin keinginan orang tua,.. because her efrything for mi… q yakin kt smua bs mlupakan cinta kpd dia,. stelah mendapatkan pengganti yg insyaoloh lbh baik,.. optimis kt psti bhagia dengan membhagiakan orang tua kt…. gua mhon doany buat smua,,,,,, wlau skitny luar biasa,. sugesti kpd diri serndri, kt bkan krakter yg lemah……………….. amin ya auloh………..

  43. nenk vhy dhianttie zhaputtrie permalink
    29 April 2012 09:06

    ya allah begituu pedih yang namnya cintta tak di restuii inii yg sdangg akuu alami,, mngappa di saat kita udah hbngan slma tigga tauun lamanya orang tua dia baru ngomng bhwa dia gk suka sama hmngan inii ..kenappa gk dari awall ngomng kalo gk suka pdhalkan gk kan spdih ini ,, tpii smuanya sudah terlambattt,, skrang aku hidupp dngan ttesan airr matta.. .. meski aku skrang sudah sama orang lainn tappii bayangann” itu massi membekass di hdupp aku,,, aku gk tauu mau sampaii kapan kaya gini,, mungkinkahh orng tua dia mrestui ku laggi ?????????????????

  44. sri wahyuni permalink
    22 Mei 2012 12:30

    aku punya pacar.. tapi ga di setujui sama orang tua ku.. karena perbedaan usia yg jauh, beda suku dan dia gak kuliah.. aku ingin menikah dengannya karena aku sayang banget sama dia… dan dia juga baik org nya. tolong yach..kasih saran, apa yg harus kami lakukan..?

  45. 8 Juni 2012 16:19

    sakit rasanya hati mndengar cintaku tdak direstui karena materi,,,,,nasib yach jdi orang miskin?????

  46. pep permalink
    10 Juni 2012 15:16

    saya tdk d restui oleh ibu pcr saya krn ibunya lbh pgn pcr saya d jodohkan dg pegawai negri atw tentara d banding saya yg kerja swasta..
    kenapa sampe segitunya sih ?!

  47. 18 Juni 2012 19:38

    hub. saya di tentang oleh ke2 oRg tw sya,,,sRing kali sYa memuTuskn pCr sYa,tP pCr syA sLalu bRtahan dan mNenangkan sYa,,Ap yg hRus sYa lKukan,,???

  48. 19 Juni 2012 17:41

    bersabarlah dan selalu berikan motivasi buat pcr kamu tentang arti cinta yg sebenarnya.

  49. 5 Agustus 2012 09:21

    aku juga mangalaminya cinta tak direstui,tapi itu dari pacarku mamanya tidak setuju aku pacaran sama anaknya tidak tau kenpa mamanya tidak setuju,
    kata mamanya lebih baik pacaran sama wanita pilihan mama,
    dan aku harus putus dengan pacar ku,karena hal itu,
    itu membuat hatuku hancur.

  50. sheilla permalink
    27 Agustus 2012 16:51

    .hubungan cinta yang tidak di restui orang tua nya hanya karena aku masih kelas 3 SMK dan dia baru akan masuk kuliah.
    .ortunya lebih tepat ibunya yang bilang padaku supaya aku menjauhi anak nya.
    .aku salah apa sih,. kok sampai2 aku harus jauhin pcarku ,apa aku harus backstreet??

  51. indah permalink
    16 Oktober 2012 16:49

    skrg ni ak juga ngalamin cinta yg gak drestui,alasannya krn keluarganya nganggap ak g sederajat ma keluarga mereka,bahkan keluarganya ngrendahin ak,didpn ak mreka berpura-pura baik,tp dbelakangku mrka mati-matian minta co ku bt ngjauhin ak…Mereka mw menjodohkan co ku dg ce pilihan kluarganya, jujur sakit bgt, apalagi co ku krg bs bkin ak yakin dg keseriusannya, tp berulang-ulang dy mnta ak bersabar,krn dy pelan-pelan akan ngeyakinin & nunjukin kekeluarganya bahwa ak baik dan pantas bt dy…Ya Allah, smoga Kau tunjukkan jln yg trbaik & Kau bukakan pintu hati kluarganya untuk merestui hubungan kami, krn ak sgt tdk mau menyakiti hati siapapun…

  52. 28 Oktober 2012 21:41

    hubungan saya juga tidak direstui, terutama oleh bapak dari pacar saya. alasannya karena faktor sosial.. aku bingung mesti gimana?

  53. 10 Januari 2013 08:15

    Saya jg punya kisah sama . Hubungan cinta yg sedang baik . Tiba2 kandas dgn alasan keluarga pacar saya tidak setuju, karena hanya liat dari foto2 saya sebelum pakai jilbab.. Kami saling mencinta, bahkan ada niat utk menseriuskan hub kami. Tp ternyata pacar saya menyerah, dan tidak dpt memperjuangkan hub kami. Dgn terpaksa ia meninggalkan saya.

  54. ismi permalink
    4 Juli 2013 23:09

    Artikelnya bener” saya bgt.. Karna saya pernah pacaran dgn teman abang saya, pacar sya umurnya sama dgn abang sya yg beda 3tahun… Sewaktu saya jadian sama dia tdk ada yg tau klo kami berpacaran tp dianya ngotot ingin hubungan kami ini mereka tau tp saya melarangnya karna saya takut tdk di restui. Sudah 2 tahun kami pacaran akhirnya mereka tau berawal dr abang saya..mulailah ortu saya marah”, mama ngancam klo gak diputusin mama gak mau ngomong sma aku, dan abang saya marah” trus kpd saya… Krna saya gak tahan saya akhiri dgn tdk ikhlas.. Mereka tau aku putus, lalu beberapa bulan kami balikan lg bertahan 1 tahun slama itu dia menunjukan pengorbanan dia dan keseriusan dia walaupun ortu saya gak setuju tp dia msh saja bertahan. Sampai akhirnya aku mulai berfikir kasian dia yg serius dgn ku tp ortu ku gak suka.. Mau jalan gak boleh…ngobrol juga gk boleh ber2… Beberapa bulan kmudian dia ijin jalan tp gk di ijinin, akhirnya dia tiba” menghindar dari aku :( , setahun sudah kami pisah tapi aku blm bisa move on sama dia dan dia juga begitu.. Ada yg tau apa yg hrs saya lakukan? karna saya sangat bahagia bersama dia ketimbang brsama cwo lainnya. Thanks

  55. efa permalink
    18 Maret 2014 21:42

    memang sakit bgt rasanya,,,,, hubungan yg tlah aq jalani selama 3 tahun lebih dengan pacarku tak tahu arah mau kemana,,,, aku bingung harus berbuat apah, ortuku gak setuju dengan hubungan ku hanya karna tingkat sosial,,, dan tingkat pendidikannya yg dibawah aku,,,, ortuku menyuruhku tuk menjauh darinya,,,,, tp aku tak bisa,,, dia selalu meyakinkanku untuk mempertahankan hubungan ini,,,,, bekali kali kita putus nyambung putus nyambung,,,, selalu saja ada halangan pada hubungan kami,,, akupun tak bisa untuk menjauh darinya karna rasa sayangku yang teramat besar,,,, apakah memang dia bukan jodohku??? jika mengapa aku tak bisa lepas dari bayangannya,,,, mohon solusinya….

  56. 23 Juli 2014 12:05

    Q bingung harus gimana q udah pacaran selama 2 th lebih q pun sudah kenal dgn klwrg nya dari awal kami pacaran q sangat sayanx sama dia n keluarganya bgtu juga dia n keluarganya jg sayang sama aku tapi hanya karna perhitungan jawa hubungab kami berakhir q merasa ini semua g adil kami berpisah bukan karena kami tidak saling mencintai lagi tp karene kami dipaksa untuk mengakhiri hubungan ini padahal sebenernya keluarganya g iklas q berpisah dgn dia begitupun aku dan dia kendalanya cuma karena arah rumah yg g cocok. Tolong bantu aku

  57. 26 Juli 2014 00:26

    *Saya Jga Mempunya
    i Masalah Terhadap Hubungan Saya.

    Saya Tak Direstui Oleh Orang Tua Perempuan Pcar Saya
    Saya Dan Pcar Saya Sangat Saling Menyangi N Mencintai

    Tpi Orang Tua Pcr Saya,saya Rasa Tidak Setuju Sama Hubungan Kmi Ber2 Di Karnakan Saya Orang Yg Hanya Sderhana.

    Dan Orang Tua Pcr Saya Menyukai Kalau Pcr Saya Berhubungan Dengan Orang Yang Kaya Yang Bisa Memberikan Apa Pun Terhadap Pcq Saya..?

  58. 11 Agustus 2014 12:49

    cinta tak di restui oleh orang tua itu mang terasa hati sakit . artikel di atas adalah hal yang saya alami . keluarga saya tidak setuju karna status pekerjaan dia dan kehidupan keluarga nya . tapi saya yakin toh rezki ada yang atur bagaimana kita usaha . akan tetapi setiap cowo saya k ruma pasti ada omongan negatif atau omongan yg orang tua saya ga suka sehingga saya sakit hati sama ucapan orang tua saya ? bagaiman solusinya ya agar ucapan org tua saya bisa positif ? sedangkan kita sudah punya planning dan menabung untuk menikah .

  59. crystalia permalink
    7 September 2014 18:53

    orang tua ku tidak setuju aku pacaran dengan pacarku karena mereka bilang ada perbedaan kelas sosial terus juga karena omdo padahal omdo yang di maksud itu karena aku pernah bercerita kalo seorang kakaknya ingin pergi ke luarnegeri untuk ngelanjutin S2, ternyata sampe di negara itu kakaknya gak jadi mau S2 cuman mau coba coba kerja aja. Apakah kayak begitu salah? orangtuaku selalu menyalahkan ku dan berkata kalo saya ini bodoh, masih kecil dan tidak nurut. kalo kayak begini enaknya bagaimana? harus tetap mempertahankan hubungan ku dengan pacarku ato tidak? thankyou

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

